Kacamata Gandhi Dijual Seharga £260 Ribu di Pelelangan Inggris

By Fikri Muhammad, Senin, 31 Agustus 2020 | 09:42 WIB
East Bristol Auctions menemukan kacamata itu dimasukkan ke dalam amplop dan tergantung di kotak surat mereka. ()

Nationalgeographic.co.id - Sepasang kacamata berlapis emas yang dikenakan oleh Mahatma Gandhi telah dijual di Inggris seharga £260 ribu setelah ditemukan tergantung di kotak surat sebuah rumah lelang Bristol.

"Kami menemukannya empat minggu lalu di kotak surat kami, ditinggalkan di sana oleh seorang pria yang pamannya diberikan oleh Gandhi sendiri," tulis East Bristol Auctions di Instagram pada laman Guardian.

“Hasil yang luar biasa untuk barang yang luar biasa! Terima kasih untuk semua yang menawar,” ungkap mereka. 

Baca Juga: Hashshashin, Pembunuh Terampil Sekte Muslim Rahasia Persia dan Suriah

Gandhi dikenal karena memberikan kacamata lama atau yang tidak diinginkan kepada yang membutuhkan atau kepada mereka yang telah membantunya. Dia memberikan kacamata itu kepada paman vendor saat dia bekerja untuk British Petroleum di Afrika Selatan selama 1920-an atau 30-an, kata rumah lelang tersebut.

Filsuf India dan pemimpin nasionalis Mahatma Gandhi pada tahun 1931 di Delhi, India. ()

Baca Juga: Jepang Peringati 75 Tahun Bom Hiroshima Sesuai Protokol Kesehatan

Harga jual kacamatanya melebihi perkiraan awal sekitar £15 ribu.Ketika juru lelang Andrew Stowe mengatakan bahwa kacamata itu mungkin bernilai £ 15.000, pria itu "hampir jatuh dari kursinya".

Stowe berkata: “Ini adalah hasil yang fenomenal. Kacamata ini tidak hanya mewakili rekor lelang bagi kami, tetapi juga penemuan penting sejarah internasional".