Kotak Keperawanan dan Budaya Kampung Adat Cecer Manggarai Barat

By Fikri Muhammad, Rabu, 16 September 2020 | 13:18 WIB
Selain digunakan sebagai upacara tari adat Kampung Cecer. Selepa juga menjadi simbol keperawanan perempuan dalam upacara pernikahan. Untuk membukanya, calon lelaki harus membayarnya dengan kerbau atau uang. (Fikri Muhammad)

Nationalgeographic.co.id - Selepa merupakan tempat untuk menyimpan sirih pinang yang digunakan untuk ritual-ritual adat Kampung Cecer, desa Liang Ndara, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Di dalamnya, terdapat daun sirih (simbol kesegaran), kapur (simbol keikhlasan), dan buah pinang (simbol kejujuran).

Pada upacara pernikahan, selepa menjadi simbol keperawanan perempuan. Untuk membuka keperawanan itu, pihak lelaki harus membayarnya dengan seekor kerbau yang nanti akan diberikan kepada keluarga perempuan.

"Simbol keperawanan perempuan ada di selepa ini kalau masuk dalam upacara pernikahan. Jadi keluarga perempuan menyerahkan anaknya untuk membuka ini dan memberikan nilai-nilai persaudaraan dan keakraban yang baru," kata Kristoforus Nison, Ketua Lembaga Budaya Ekowisata Riang Tana Tiwa kepada National Geographic Indonesia di Kampung Cecer, Manggarai Barat (11/09/2020).

Baca Juga: Teori Tentang Beethoven Kulit Hitam dan Makna Perlawanan di Dalamnya

Namun di era sekarang, membuka selepa pada upacara pernikahan tidak perlu lagi menggunakan kerbau dan bisa digantikan dengan uang. Menurut Kristo, akan ada sangsi karma jika aturan adat ini tidak dilakukan dalam pernikahan.

Sirih pinang dalam kotak selepa akan diberikan kepada tamu yang datang ke Kampung Adat Cecer sebagai simbol persaudaraan. (Fikri Muhammad)

Selepa juga digunakan untuk menyambut tamu Kampung Adat Cecer saat menampilkan tarian Reis Meka. Para penari perempuan dengan gaun hijau menyala akan memberikan sebuah sirih pinang dari dalam kotak kepada seorang tamu yang terpilih di akhir penampilan. 

Sirih pinang yang diberikan mempunyai harapan bahwa sepulangnya ia dari Kampung Cecer maka kelak ia akan menyatu dengan kehidupan luhur yang ada di sana (kesegaran, keihklasan, kejujuran, dan persaudaraan).

"Ketika tamu pulang, kami berharap bahwa mereka membawa nilai luhur itu," ucap Kristoforus.

Tarian Reis Meika adalah tarian sambutan dari masyarakat Kampung Adat Cecer kepada para tamu yang datang ke sana. (Fikri Muhammad)

Selain disambut dengan tari Reis Meika, tamu yang datang ke Kampung Adat Cecer juga akan melihat para pemain caci yang saling memukul dengan cambuk dan perisainya. Tarian ini mengajarkan nilai-nilai kesabaran.

"Caci bukan tentang kejantanan, tapi soal refleksi diri dan kesabaran. Syarat utama yang harus dimiliki oleh para penari caci adalah larangan melanggar norma budaya. Terkena pukulan berarti merefleksikan apa yang kurang dari diri sendiri," papar Kristoforus.