Memahami Wisata Minat Khusus yang Menyasar Pejalan-pejalan Berkualitas

By Fathia Yasmine, Senin, 7 Desember 2020 | 15:06 WIB
Di Indonesia, jenis wisata ini telah mulai dikembangkan untuk menyasar pejalan-pejalan yang lebih berkualitas, dengan arti mendambakan pengalaman wisata premium sesuai minat. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id – Pejalan yang kerap menjelajah ke luar negeri pastinya sudah sangat familiar dengan istilah wisata minat khusus. Jenis wisata ini tersegmentasi berdasarkan minat pejalannya.

Sebut saja wisata outback yang ditawarkan buat penggila petualangan di alam terbuka, wisata medis yang mengantar pejalan melihat kemutakhiran pengobatan di sebuah negara, hingga wisata sejarah, kuliner, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, jenis wisata ini telah mulai dikembangkan untuk menyasar pejalan-pejalan yang lebih berkualitas, dengan arti mendambakan pengalaman wisata premium sesuai minat. Oleh sebab pengalaman yang dicari, wisatawan berkualitas tidak sensitif harga.

Melansir dari Kompas.com (29/2/2020), Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengatakan, pejalan berkualitas adalah mereka yang rela menghabiskan banyak pengeluaran untuk menikmati wisata. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan minat khusus.

Baca Juga: Menjajal Sisi Lain Raja Ampat, Kepingan Surga di Timur Indonesia

“Mengincar turis berkualitas bisa mendorong pendapatan industri pariwisata. Tak lagi hanya mengutamakan kuantitas wisatawan yang datang tetapi kualitasnya,” ujar Sukamdani.

Menurut Sukamdani, wisata minat khusus merupakan pasar yang sangat niche tetapi menjadi ceruk yang potensial untuk dikembangkan. Indonesia pun punya potensi untuk mengembangkan destinasi-destinasi semacam ini.

Kondisi alam dan keragaman budaya masyarakat setempat dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan ke Indonesia. Saat ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mengembangkan beberapa destinasi yang berlokasi di NTT, NTB, Jawa Timur, dan Papua  Barat.

Beberapa di antaranya adalah destinasi super premium  seperti Labuan Bajo, Banyuwangi, Mandalika, dan Raja Ampat.

Baca Juga: Jelajah Rasa Kopi Jawa Barat yang Mendunia

Jadi alternatif wisata pasca-pandemi

Wisata minat khusus menjadi salah satu alternatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendongkrak kembali geliat pariwisata di Tanah Air.