Tujuh Perkara yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Fakta Freemason

By Fikri Muhammad, Senin, 28 Desember 2020 | 18:23 WIB
Perkumpulan Freemason di Earls Court di London untuk merayakan ulang tahun ke-275 pembentukan United Grand Lodge of England, 1992. (Ruby)

Nationalgeographic.co.id—Freemason diduga bersembunyi di balik berbagai hal. Mulai dari perencanaan ibu kota negara hingga peristiwa-peristiwa penting. 

Anggota persaudaraan Masonik ini penuh teka-teki, dari politisi terkemuka sampai pemilik bisnis raksasa. Akan tetapi, siapa sejatinya anggota Freemason? Apa yang mereka perjuangkan? Apakah benar ada ritual rahasia di antara mereka? Berikut tujuh hal yang mungkin tidak anda ketahui tentang Freemason.

Freemason Adalah Organisasi Persaudaraan Tertua di Dunia

Kelompok ini dimulai pada abad pertengahan di Eropa sebagai sebuah serikat pekerja yang terampil. Karena runtuhnya bangunan katedral, fokus kelompok itu bergeser. Saat ini, menurut Margaret Jacob, Profesor Sejarah di Universitas California, Los Angeles, Freemason adalah organisasi sosial dan filantropis yang dimaksudkan untuk membuat anggotanya menjalani kehidupan yang berbudi luhur dan berorientasi sosial.

Meskipun ia bukan serikat rahasia, tetapi ia memiliki sandi dan ritual rahasia yang berasal dari perkumpulan abad pertengahan. 

"Di serikat asli, ada tiga gelar: Apprentice, Fellowcraft, dan Master Mason yang mengawasi semua orang yang bekerja di sebuah situs . Sekarang, gelar ini lebih filosofis," kata Jacob di laman History.

Simbol Freemason Bukan Apa yang Anda Pikirkan

Freemason telah lama berkomunikasi menggunakan simbol visual yang diambil dari alat stonemasonry. Simbol The All-Seeing Eye atau Eye of Providence telah digunakan oleh kelompok tersebut untuk mewakili kemahatahuan Tuhan. Simbol ini tidak dirancang oleh kaum Mason.

Baca Juga: Melihat Ulang Bagaiamana Sudut Pandang Menjadi Seorang Pejalan

Sementara, simbol yang paling terkenal The Square and Compasses dengan bujur sangkar dan kompas yang di pusatnya terdapat huruf G. Beberapa ahli di Massachusetts Institute of Technology percaya bahwa huruf G mewakili geometri, bidang kritis untuk Freemason pertama. Sementara yang lain percaya bahwa itu mewakili Tuhan sebagai "Arsitek Agung Alam Semesta". 

Ada lagi simbol Masonik yang kurang terkenal yang diambil dari alam yakni sarang lebah. "Mason awalnya adalah pekerja yang seharusnya sesibuk lebah," kata Jacob. Dan sarang lebah melambangkan ketekunan mereka.

Simbol kotak dan kompas Masonik terlihat di dinding lantai utama di markas Scottish Rite of Freemasonry, Washington, D.C. (Tim Sloan)