Penemuan Mumi Lumpur Langka dari Mesir Kuno Kejutkan Para Arkeolog

By Utomo Priyambodo, Kamis, 4 Februari 2021 | 16:45 WIB
Mumi lumpur dari Mesir kuno yang mengejutkan para peneliti. ()

Nationalgeographic.co.id—Penemuan "mumi lumpur" yang langka di sebuah situs Mesir kuno telah mengejutkan para arkeolog. Tim arkeolog yang meneliti mumi kuno itu tidak menyangka bahwa mereka telah menemukan mumi dalam kondisi terbungkus cangkang lumpur yang telah mengeras.

Menurut para peneliti tersebut, “cangkang lumpur” ini merupakan temuan yang tak tertandingi. Ini mengungkapkan adanya metode lain dalam pembuatan mumi atau perlakuan terhadap jenazah oleh masyarakat Mesir kuno yang belum pernah terdokumentasikan ke dalam catatan arkeologi Mesir. Laporan hasil penemuan mereka telah dipublikasikan secara daring di jurnal PLOS One pada 3 Februari 2021.

Para peneliti menduga, Mungkin saja "bungkus lumpur" digunakan untuk menstabilkan mumi setelah rusak, tetapi lumpur tersebut mungkin juga dimaksudkan untuk meniru praktik yang digunakan oleh elite masyarakat kala itu. Umumnya, elite Mesir kuno menggunakan resin impor untuk membungkus mumi, kata para peneliti.

Baca Juga: Penduduk Tanjung Verde Punya Evolusi Kekebalan Tubuh Tercepat di Dunia

Jadi mengapa mayat yang satu ini tertutup lumpur, bukan resin? "Lumpur adalah bahan yang lebih terjangkau," kata Karin Sowada, seorang peneliti di Departemen Sejarah dan Arkeologi di Macquarie University di Sydney, Australia, yang menjadi peneliti utama dalam riset ini, seperti dikutip dari Live Science.

Cangkang atau selubung lumpur itu bukanlah satu-satunya keanehan pada mumi tersebut. Keanehan lainnya, mumi itu rusak setelah dikubur, dan bahkan dikuburkan di peti mati yang salah, Mumi tersebut diketahui bertanggal sekitar 1207 Sebelum Masehi saat dikuburkan, sementara peti matinya sebenarnya merupakan milik jenazah seorang wanita yang lebih muda darinya atau dikuburkan beberapa tahun belakangan setelah mumi tersebut.

Peti mati tempat ()

“Mumi lumpur" dan peti matinya diperoleh pada tahun 1800-an oleh seorang kolektor Barat. Namanya Sir Charles Nicholson, seorang politikus Inggris-Australia yang membawa mumi tersebut ke Australia.

Nicholson menyumbangkan mumi tersebut ke Universitas Sydney pada tahun 1860. Kini, “mumi lumpur” itu disimpan di sebuah museum milik universitas yang bernama Chau Chak Wing Museum. Tampaknya, siapa pun yang menjual artefak kuno itu telah menipu Nicholson. Sebab, usia peti mati itu ternyata lebih muda dari tubuh yang dikubur di dalamnya, ungkap para arkeolog.

"Pedagang lokal kemungkinan menempatkan tubuh mumi yang tidak terkait di peti mati tersebut untuk menjual 'set' yang lebih lengkap, sebuah praktik yang terkenal dalam perdagangan barang antik lokal," tulis para peneliti dalam laporan hasil riset tersebut.

Peti mati itu bertuliskan nama seorang wanita, yakni Meruah atau Meru (t) ah. Wanita itu berasal dari sekitar tahun 1000 Sebelum Masehi, menurut ikonografi yang menghiasi peti mati tersebut. Itu artinya peti mati itu sekitar 200 tahun lebih muda dari “mumi lumpur” yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Perubahan Iklim Turut Menurunkan Kedatangan Turis di Indonesia?