Selidik Kampong Cina Ternate, Kampung Tua di Jantung Kepulauan Rempah

By Mahandis Yoanata Thamrin, Jumat, 12 Februari 2021 | 13:35 WIB
Pemandangan Pulau Ternate dengan Gunung Gamalama, Maluku Utara. Fort Oranje di Ternate pernah menajdi kantor pejabat tertinggi VOC, bahkan sebelum Jan Pieterzoon Coen mendirikan Kota Batavia di Sunda Kelapa. Andai saja VOC tidak mendapat kapling tanah di Sunda Kelapa, wajah Ternate mungkin akan sehiruk-pikuk Jakarta sekarang. (M. Reza)

 

Nationalgeographic.co.id—Jauh sebelum orang-orang Eropa menjelajahi Bumi demi sebutir cengkih, orang-orang Cina telah sampai di jantung kepulauan rempah. Sekitar abad ketiga Sebelum Masehi, orang-orang Cina dari Dinasti Han telah menggunakan cengkih. Mereka mengunyah cengkih untuk menhilangkan bau napas, terutama saat menghadap kaisar.

Pastilah cengkih itu berasal dari pulau-pulau gunung api di Kepulauan Maluku. Saat itu Tuhan hanya menumbuhkan cengkih di gugusan lima pulau di Bumi—kita mengenalnya sebagai Ternate, Tidore, Moti, Makian, dan Bacan.

Pedagang Cina menjadi perintis perdagangan cengkih di kepulauan ini. Setidaknya, orang-orang Cina telah menengarai pulau-pulau penghasil cengkih itu dengan “Mi-li-Ku”. Artinya, “negeri asal tanaman rempah”. Bahkan, orang-orng Portugis yang datang berabad-abad setelahnya menjumpai toponimi “Batu Cina de Moro”. Artinya, “kepulauan milik orang-orang Cina”.

Pulau Gapi adalah nama otentik untuk pulau ini. Entah sejak kapan sebutan Pulau Gapi berubah menjadi Pulau Ternate.

Sampul National Geographic Indonesia Edisi Khusus Jalur Rempah yang terbit Januari silam, menampilkan bagian peta Cosmographia goresan kartografer Sebastian Münster, yang terbit pada 1550. Peta itu sudah menyebutkan toponimi “Taranate”—meski lokasinya agak mengawur. Münster mendapat rujukan dari peta Ptolomeus, catatan Marco Polo, dan kabar tersegar dari orang-orang Portugal yang menjelajahi Maluku pada awal abad ke-16. Barangkali, orang-orang Portugal-lah yang harus bertanggung jawab soal penggantian toponimi tanpa kenduri ini.

Avontur Daring Merapah Rempah: Ron Kampong Cina Ternate dan Sekitarnya bersama Ternate Heritage Society yang didukung National Geographic Indonesia dan Saya Pejalan Bijak. (Saya Pejalan Bijak/National Geographic Indonesia)

Klik di sini untuk pendaftaran Avontur Daring Merapah Rempah: Ron Kampung Cina Ternate dan Sekitarnya

Maulana Ibrahim, dosen arsitektur di Universitas Khairun dan pendiri Ternate Heritage Society, mengungkapkan asal-usul toponimi Ternate dalam esainya bertajuk “Merawat Ingatan, Menjaga Pusaka” di National Geographic Indonesia Edisi Khusus Jalur Rempah.

Dia mengungkapkan bahwa perintah tara no ate—asal sebutan Ternate—berarti “turun dan perbaiki”. Perintah ini menyebabkan pindahnya ibu kota kerajaan dari Foramadiahi ke Sampalo, area pesisir. “Perintah tara no ate menjadi bukiti bagaimana Kerajaan Ternate begitu terbuka kepada pendatang dan pedagang asing,” ungkapnya. “Semua itu bertujuan untuk menata kehidupan agar jadi baik.”

Kesultanan Ternate menunjukkan sikap sebagai tuan rumah yang baik atas berbagai komunitas etnis yang hadir sejak ratusan tahun, sebelum kedatangan bangsa Eropa.

Beberapa tahun silam, Maulana dan National Geographic Indonesia menjelajahi permakaman Eropa yang terabaikan di Bentengbatu. Lewat toponimi lawasnya, dia menduga, dahulu di kawasan permakaman ini terdapat benteng. Biasanya, permakaman Eropa memang tak jauh dari benteng.  “Makam Belanda ini berbatasan dengan makam Cina,” ujarnya. “Makam Cina berbatasan dengan makam Muslim.”

Keluarga Cina di Ternate, mungkin opsir di Kampong Cina, foto oleh Woodbury dan Page, sekitar 1870. (KITLV)