Ilmuwan Temukan Makhluk Aneh yang Hidup di Bawah Lapisan Es Antartika

By Utomo Priyambodo, Kamis, 18 Februari 2021 | 10:00 WIB
Makhluk aneh di bawah lapisan es Antartika. (Huw Griffiths/British Antarctic Survey)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok ilmuwan menemukan kumpulan makhluk laut aneh seperti spons yang hidup di kedalaman sekitar 1.650 kaki di bawah lapisan es Antartika. Kumpulan makhluk aneh itu hidup di atas sebuah batu besar di bawah laut dingin tersebut.

Laporan penemuan makhluk aneh tersebut telah dipublikasikan di jurnal Frontiers in Marine Science pada Senin, 15 Februari 2021. Makhluk hidup aneh yang tak dikenal itu ditemukan oleh tim ahli geologi yang sedang mengebor melalui Lapisan Es Filchner-Ronne, yang membentang melintasi sebagian Laut Weddell.

"Batu itu berasal dari daratan dan kemungkinan jatuh ke bawah lapisan es yang mengapung di atasnya," kata ahli biogeografi Huw Griffiths dari British Antarctic Survey, sebagaimana dikutip dari UPI.

Griffiths, peneliti utama dalam laporan penemuan makhluk aneh itu, mengatakan hewan-hewan itu kemungkinan besar membentuk koloni di atas batu itu setelah jatuh ke dasar laut.

Baca Juga: Jutaan Orang Akan Mati jika Dunia Gagal Tepati Perjanjian Iklim

Tim ahli geologi tidak menemukan keberadaan cahaya alami, seperti cahaya matahari, di area tempat mereka menemukan makhluk laut aneh tersebut. Ada lapisan es setebal seperempat mil yang mengapung di atas batu besar itu. Hewan-hewan tersebut tidak bergerak, tetapi jika mereka bisa bergerak, mereka harus menempuh perjalanan lebih dari 160 mil untuk mencapai permukaan laut terbuka.