Ilmuwan Temukan Cara Komunikasi Lewat Mimpi dengan Orang yang Tidur

By Utomo Priyambodo, Selasa, 23 Februari 2021 | 13:00 WIB
Ilustrasi bermimpi. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok ilmuwan mengidentifikasi fenomena baru yang mereka deskripsikan sebagai "mimpi interaktif". Dalam fenomena ini orang yang mengalami tidur nyenyak dan mimpi sadar (lucid dream) dapat mengikuti instruksi, menjawab pertanyaan sederhana ya-atau-tidak, dan bahkan memecahkan persoalan matematika dasar. Mimpi sadar atau lucid dream sendiri adalah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi.

Selain menambahkan tingkat pemahaman baru tentang apa yang terjadi pada otak kita ketika kita sedang bermimpi, studi baru ini pada akhirnya juga dapat mengajari kita bagaimana melatih mimpi kita --untuk membantu kita mencapai tujuan tertentu, misalnya,-- atau untuk menangani masalah kesehatan mental tertentu.

Ada banyak hal terkait psikologi tidur yang masih menjadi misteri hingga saat ini, termasuk fase rapid eye movement (REM) ketika mimpi biasanya terjadi. Jadi, mampu mendapatkan tanggapan dari orang yang sedang tidur secara real time, daripada menunggu respons setelah orang itu bangun, tentu bisa sangat berguna.