Mengolah Permasalahan Sampah: Dari Sumber Marabahaya Menjadi Laba

By Utomo Priyambodo, Kamis, 11 Maret 2021 | 09:00 WIB
Anak-anak bermain di tengan timbunan sampah. (Rahmad Azhar Hutomo/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Tema perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021 ini adalah “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Creativetalks Pojok Literasi bertema "Potensi Ekonomi pada Pengelolaan Sampah di Masa Pandemi" pada hari Selasa (9/3/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan secara seminar daring dan luring ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran peserta terhadap kondisi sampah dan memberikan pemahaman dan gambaran tentang dampak sampah terhadap ekosistem dan lingkungan hidup. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan dalam mengelola sampah agar bisa menjadi nilai ekonomi.

Plt. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Mira Tayyiba, selaku Keynote Speaker dalam cara ini mengajak generasi milenial dan masyarakat menjadi bagian gerakan positif dalam mendukung pengelolaan sampah sebagai bahan baku ekonomi di tengah pandemi. Ia juga mengajar agar masyarakat dan generasi milenial bisa menjadi content creator dengan ikut membagikan informasi dan konten positif terkait pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan di media sosial.

“Saya yakin adik-adik di sini pasti sangat aktif di dunia sosial media, ayo sebarkan konten positif kepada semua warga netizen di media sosial!” ajak Mira.

Baca Juga: Olah Sampah oleh Warga Pinggir Citarum, Sungai Terkotor di Dunia