Cerita David John Schaap Berwisata di Pulau Lombok dalam Podcast Wisata Virtual “Merindu Pesona Lombok”

By Nana Triana, Selasa, 16 Maret 2021 | 11:19 WIB
Pemandangan dari atas Bukit Merese, Lombok. (Dok. Tangkapan layar Podcast “Wisata Virtual: Merindu Pesona Lombok”)

Nationalgeographic.co.id Lombok merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau tersebut menjadi primadona wisata yang mampu menggaet pejalan lokal maupun mancanegara.

Pasalnya, di pulau seluas hampir 5.435 kilometer persegi itu menawarkan pemandangan alam menakjubkan. Pejalan dapat menikmati pemandangan pantai, seperti Pantai Sengigi, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Pink.

Tak hanya itu, Pulau Lombok juga punya wilayah berkontur bukit dan lembah hingga pegunungan.

Lombok memiliki penggunungan yang cukup eksotik, seperti Gunung Rinjani yang dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Wajar jika banyak pendaki yang bermimpi untuk melangkahkan kakinya di sini.

Pemandangan Desa Sembalun, Lombok (Dok. Tangkapan layar Podcast “Wisata Virtual: Merindu Pesona Lombok”)

Bicara soal kekayaan budaya, Lombok memiliki desa-desa adat Suku Sasak—suku asli Lombok—yang warganya masih menjalani keseharian dengan cara hidup leluhurnya. Ritual upacara adat dan tradisi sejak zaman dahulu kala pun masih terjaga dengan baik di desa-desa tersebut.

Saat ini, Bumi Pertiwi memang tengah dirundung pandemi. Oleh sebab itu, banyak pejalan, meski sudah merindukan wisata ke destinasi seeksotis Lombok, ragu merencanakan perjalanan. Padahal, berwisata di dalam negeri tergolong aman dan nyaman, terlebih jika yang dilakukan adalah wisata alam.

Baca Juga: Pecinan Ampenan, Jejak-jejak Denyut Kesibukan Kampung Lawas di Lombok

Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh David John Schaap, presenter acara televisi yang populer melalui program petualangan My Trip, My Adventure. David mengisahkan petualangannya di Lombok dalam siniar (podcast) bertajuk “Wisata Virtual: Merindu Pesona Lombok” yang disiarkan Rabu, (10/3/2021) melalui aplikasi virtual meeting, Zoom.

Acara tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari program Karya Kreatif Indonesia 2021 (KKI 2021) oleh Bank Indonesia. Sebagai informasi, penyelenggaraan KKI tahun ini merupakan yang keenam kalinya.

KKI 2021 dijadikan Bank Indonesia sebagai wujud dukungan nyata untuk mendukung sektor pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini mengingat Bank Indonesia adalah movement manager Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja.

Penyelenggaraan KKI tahun ini merupakan sinergi Bank Indonesia dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait dengan tema “Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata.”