Upaya Rusia Mencari Partikel Terkecil Dunia di Danau Terdalam Bumi

By Utomo Priyambodo, Jumat, 19 Maret 2021 | 07:00 WIB
Danau Baikal di Siberia, Rusia. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan Rusia mengerahkan teleskop raksasa mereka untuk digunakan di kedalaman Danau Baikal di Siberia selatan. Teleskop raksasa bernama Baikal-GVD itu digunakan untuk mencari neutrino yang sejauh ini diketahui sebagai partikel terkecil di alam semesta.

Teleskop Baikal-GVD memang dirancang untuk mencari neutrino, yang merupakan partikel subatom yang hampir tidak bermassa dan tanpa muatan listrik. Neutrino ada di mana-mana, tetapi interaksi mereka sangat lemah dengan kekuatan lain yang ada di sekitar mereka sehingga mereka sangat sulit untuk dideteksi.

Itulah sebabnya para ilmuwan Rusia tersebut mencari partikel terkecil di dunia itu di bawah Danau Baikal, yang merupakan danau terdalam di Bumi. Kedalaman danau ini mencapai pada 5.577 kaki atau sekitar 1.700 meter.

Teleskop untuk mendeteksi Neutrino biasanya dibangun di bawah tanah untuk melindunginya dari sinar kosmik dan sumber gangguan lainnya. Air tawar yang jernih dan lapisan es pelindung yang tebal menjadikan Danau Baikal tempat yang ideal untuk mencari neutrino, kata para peneliti kepada layanan berita AFP sebagaimana dilansir Live Science.

Baca Juga: Teleskop Bak Mesin Waktu, Astronom Temukan Galaksi Muda Dekat Big Bang