Peneliti WHO Ungkap Bocoran Hasil Investigasi Asal-Usul Virus Corona

By Utomo Priyambodo, Minggu, 21 Maret 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi virus corona. ()

Nationalgeographic.co.id—Seorang peneliti dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membocorkan hasi investigasi terkait asal-usul virus corona. Menurutnya, setelah melakukan investigasi berbulan-bulan, WHO akhirnya menemukan tempat yang menjadi asal-usul penyebaran virus corona. Para penyelidik WHO telah menemukan, peternakan hewan liar di Tiongkok kemungkinan besar merupakan sumber pandemi COVID-19 ini.

Peter Daszak, ahli ekologi penyakit WHO, mengungkapkan peternakan-peternakan satwa liar, yang banyak di antaranya berada di sekitar provinsi Yunnan di Tiongkok selatan, kemungkinan besar telah memasok hewan-hewan mereka ke para pedagang di Pasar Grosir Seafood Huanan di Wuhan, tempat kasus awal COVID-19 ditemukan pada akhir 2019 lalu. Beberapa dari hewan liar tersebut kemungkinan tertular SARS-CoV-2 dari kelelawar di daerah tersebut.

Dikutip dari Live Science, WHO diperkirakan akan merilis laporan temuannya ini dalam beberapa minggu mendatang.

Pada Januari 2021, tim ahli WHO telah melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk menyelidiki bagaimana pandemi mematikan --yang sekarang telah menginfeksi lebih dari 120 juta orang dan menewaskan lebih dari 2,6 juta orang di seluruh dunia-- pertama kali bermula. Banyak teori konspirasi telah menyebar terkait asal-usul virus corona, termasuk bahwa virus itu lolos dari laboratorium Wuhan. Bulan lalu, para penyelidik WHO telah menepis rumor tersebut.

Baca Juga: Senyawa Ganja Berpotensi Menghambat Replikasi Virus Corona di Manusia