Sejarah Catur dari India, Dimainkan Sahabat Nabi, Masuk Hindia Belanda

By Utomo Priyambodo, Rabu, 24 Maret 2021 | 14:56 WIB
Pertandingan catur dalam serial Netflix The Queen's Gambit. (Netflix)

Nationalgeographic.co.idCatur merupakan salah satu permainan tertua di dunia, jika bukan satu-satunya yang paling tua. Sejarah mencatat, permainan catur sudah mulai ada sejak abad ke-6 Masehi.

Catur diyakini pertama kali muncul di India pada masa pemerintahan raja-raja Gupta. Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, permainan catur moder saat ini berasal permainan perang yang disebut chaturanga di India tersebut.

Nama chaturangan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti formasi perang. Nama ini muncul dalam epik India Mahabharata.

Chaturanga semakin berkembang subur di barat laut India pada abad ke-7 Masehi dan dianggap sebagai pendahulu catur modern paling awal karena memiliki dua ciri utama yang ditemukan di semua varian catur selanjutnya. Pertama, permainan ini memiliki bidak-bidak yang berbeda dengan kekuatan yang berbeda. Kedua, kemenangan dalam permainan ini didasarkan pada kondisi satu bidak, yakni bidak raja seperti catur modern.

Kompas.com menyebut, permainan catur ini mulanya menyebar dari Asia (India) ke Timur Tengah. Di Arab, catur menjadi permainan yang populer, bahkan diyakini sebagai permainan favorit pada masa tiga khalifah. Permainan ini disebut dimainkan oleh sahabat-sahabat Nabi Muhaammad, dan dipakai sebagai inspirasi dalam menyusun strategi perang.

Baca Juga: Arkeolog Menemukan Keranjang Anyaman Tertua, Usianya 10.500 Tahun