Dahsyatnya Letusan Vesuvius, Hanya Butuh 15 Menit Musnahkan Pompeii

By Utomo Priyambodo, Kamis, 25 Maret 2021 | 14:00 WIB
Pemandangan ketika Gunung Vesuvius bererupsi dahsyat pada 79 Masehi, yang mengubur Kota Pompeii. (kompas.com)

 

Nationalgeographic.co.id— Peristiwa dahsyatnya letusan Gunung Vesuvius di Italia masih terus diceritakan dan dipelajari hingga kini. Sejarah mencatat, letusan gunung tersebut pada 79 Masehi telah mengubur semua penduduk dan seluruh bangunan di Kota Pompeii.

Menurut hasil studi terbaru, ternyata hanya butuh waktu 15 menit bagi Gunung Vesuvius untuk membunuh seluruh orang di Kota Pompeii pada waktu itu. Awan abu dan gas raksasa yang dilepaskan oleh Vesuvius kala itu adalah penyebabnya.

Sebelumnya diperkirakan sekitar 2.000 orang di Kota Pompeei tewas karena mereka tidak dapat melarikan diri dari kepungan lahar Vesuvius. Namun studi terbaru ini menjelaskan bahwa sebenarnya penduduk kota Romawi kuno itu tewas karena sesak napas oleh gas dan abu dan kemudian terkubur oleh material-material vulkanik.

Baca Juga: Kesaksian Semesta Karena Ulah Gelegar Tambora

Kerangka manusia yang tertimpa batu saat ingin melarikan diri dari letusan Gunung Vesuvius. (AP)

Studi yang digarap oleh para peneliti dari Departemen Ilmu Bumi dan Geo-lingkungan di University of Bari yang bekerja sama dengan National Institute of Geophysics and Volcanology (INGV) dan British Geological Survey di Edinburgh ini mencoba mengungkapkan durasi dari aliran piroklastik, aliran padat lava padat, abu vulkanik dan gas panas yang melanda kota Romawi kuno itu beberapa menit setelah gunung berapi tersebut meletus.