Tiga Kerangka Manusia Ditemukan di Situs Istana Kerajaan Majapahit

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 27 Maret 2021 | 07:37 WIB
Reruntuhan tembok batu bata tebal tinggalan Majapahit di sisi timur Trowulan. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Tiga kerangka manusia ditemukan di Situs Kumitir, Mojokerto, pada Rabu, 3 Maret 2021. Rangka-rangka manusia itu ditemukan di kedalaman 60 sentimeter pada Sektor C Situs Kumitir yang merupakan situs penggalian arkeologi sisa-sisa peninggalan Kerajaan Majapahit.

Penemuan sisa-sisa peninggalan dari Kerajaan Majapahit itu ditemukan dalam ekskavasi tahap ketiga yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Penggalian tersebut dilakukan di area sebelah barat tempat pemakaman umum Dusun Bendo, Desa Kumitir.

Pakar antropologi forensik Universitas Airlangga (UNAIR), Dr. Phil. Toetik Koesbardiati, yang turut tergabung dalam penggalian dan penelitian bersama tim ekskavasi BPCB Jatim, menyebut salah satu dari tiga temuan kerangka tersebut relatif masih utuh secara struktur.

“Kondisinya memang sudah remuk di beberapa tempat. Namun struktur rangka dari tengkorak hingga kaki masih lengkap. Begitu pula bagian rusuk, tulang belakang, dan lengan,” ungkap dosen antropologi forensik ragawi FISIP UNAIR tersebut, sebagaimana dikutip dari laman resmi UNAIR.

Baca Juga: Runtuhnya Majapahit dan Kronik Kesultanan Pertama di Tanah Jawa

Kerangka manusia yang ditemukan di Situs Kumitir Mojokerto, salah satu cagar budaya peninggalan Majapahit. (Kompas via UNAIR)