Australia Akan Segera Buka Kebun Ganja Obat Terbesar di Queensland

By Utomo Priyambodo, Rabu, 21 April 2021 | 11:00 WIB
Kebun ganja besar akan dibangun di Toowoomba, Queensland, dan akan menyediakan stok bagi pasar domestik dan luar negeri. (Australian Natural Therapeutics Group)

Nationalgeographic.co.id—Dua perusahaan di Australia yang melebur jadi satu, yakni Australian Natural Therapeutics Group (ANTG) milik pemerintah dan Asterion Cannabis Inc milik swasta, telah memajukan rencana pembangunan kebun ganja mereka dua tahun lebih cepat. Rencananya, pembangunan kebun ganja ini akan dilakukan di pinggiran Kota Toowoomba, Queensland, enam bulan lagi. Sebanyak 500 ton ganja akan diproduksi setiap tahunnya dari sana dan bernilai ekspor sebesar lebih dari 1 miliar dolar AS.

"Di bayangan kami, Australia bisa menjadi pemimpin global di bidang produksi ganja obat," kata ketua pelaksana ANTG, Matt Cantelo, seperti dilansir ABC Rural.

Fasilitas perkebunan dengan modal 400 juta dolar Australia tersebut akan dipakai untuk menanam, memproduksi, dan meneliti produk obat-obatan. Karena terletak dekat Bandara Wellcamp di Toowoomba, fasilitas ini dapat dengan mudah mengekspor produk mereka ke luar negeri.

Pemerintah Australia telah memberikan judul "status proyek besar" di tahun 2019 pada rencana pembangunan fasilitas tersebut. Stephen Van Deventer, CEO Asterion, mengatakan peleburan dengan ANTG yang merupakan milik pemerintah Australia ini sejalan dengan strategi jangka pendek dan panjang perusahaan tersebut.

Baca Juga: Senyawa Ganja Berpotensi Menghambat Replikasi Virus Corona di Manusia