Status Burung Indonesia 2021: Sembilan Jenis Makin Terancam Punah

By Utomo Priyambodo, Rabu, 28 April 2021 | 17:48 WIB
Anis kembang (Geokichla interpres), salah satu burung yang meningkat keterancamannya. (Feri Irawan/Burung Indonesia)

Nationalgeographic.co.idIndonesia memiliki banyak jenis burung yang kini berstatus terancam punah. Berdasarkan status keterancamannya, ada 31 jenis burung masuk dalam kategori Kritis, satu langkah lagi menuju status kepunahan. Sebanyak 52 jenis lainnya dinyatakan Genting (Endangered/EN). Kemudian 96 jenis lainnya berstatus Rentan terhadap kepunahan (Vulnerable/VU). Total ada 179 jenis burung di Indonesia yang masuk ke dalam daftar hewan terancam punah secara global.

“Ini menyiratkan tantangan konservasi bagi keanekaragaman jenis burung di Indonesia semakin meningkat. Kendati upaya konservasi telah banyak dilakukan, sebagian populasi jenis burung tetap mengalami kemerosotan populasi di alam,” kata Achmad Ridha Junaid, Biodiversity Conservation Officer Burung Indonesia pada Rabu, 28 April 2021.

Selain penggundulan hutan, perburuan dan penangkapan burung dari alam menjadi faktor utama penyebab penurunan populasi burung saat ini. Dampaknya terlihat pada peningkatan status keterancaman pada sembilan jenis pada tahun 2021 ini.