Fosil Tertua di Dunia Ditemukan di Skotlandia, Usianya 1 Miliar Tahun

By Utomo Priyambodo, Jumat, 30 April 2021 | 13:00 WIB
Fosil tertua di dunia yang ditemukan di Dataran Tinggi Skotlandia. (Photo: Paul Strother/The University of Sheffield/PA)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan menemukan salah satu mata rantai yang hilang dalam evolusi hewan setelah menemukan fosil tertua sejagat di Dataran Tinggi Skotlandia. Fosil organisme berumur satu miliar tahun dengan dua tipe sel berbeda ini diyakini merupakan hewan multisel paling awal yang pernah tercatat.

Fosil ini ditemukan oleh tim ilmuwan yang dipimpin oleh University of Sheffield dan Boston College di AS. Temuan ini menunjukkan bahwa evolusi dimulai setidaknya satu miliar tahun yang lalu dan lebih mungkin terjadi di danau air tawar daripada di lautan.

Fosil tersebut secara resmi diberi nama Bicellum brasieri. Hasil penelitian terhadap fosil ini telah dilaporkan dalam makalah yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal Current Biology.

Profesor Charles Wellman dari Departemen Ilmu Hewan dan Tumbuhan di University of Sheffield, salah satu peneliti utama dalam penelitian tersebut, menjelaskan betapa pentingnya penemuan ini.

“Asal mula multiseluleritas kompleks dan asal mula hewan dianggap sebagai dua peristiwa terpenting dalam sejarah kehidupan di bumi. Penemuan kami memberikan cahaya baru pada keduanya," papar Wellman dilansir iNews.co.uk.

Baca Juga: Lahan Gambut Tropis Tertua di Dunia Ditemukan di Pedalaman Kalimantan