Misi Jalur Rempah, KRI Dewaruci Akan Kunjungi 13 Titik di Nusantara

By Utomo Priyambodo, Senin, 10 Mei 2021 | 20:00 WIB
KRI Dewaruci tengah bersiap memasuki pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, usai melakukan giat Kartika J (Julius Rendy Nugroho/Angkasa)

 

Nationalgeographic.co.id—Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci akan kembali berlayar mengelilingi Indonesia. Sebelumnya, kapal latih TNI Angkatan Laut ini juga sudah pernah mengelilingi dunia.

KRI Dewaruci dibuat pada 1952, dan diluncurkan pada 1953. Kapal ini pernah singgah di 45 negara dan dua kali mengelilingi dunia. Kali kesempatan Agustus-Oktober 2021, ia akan menjalankan misi pelayaran bertajuk Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah.

Muhibah Budaya adalah misi pelayaran menggunakan KRI Dewa Ruci dengan membawa pemuda-pemudi pilihan dari 34 provinsi dengan tujuan untuk napak tilas jalur rempah nusantara. Pelayaran ini akan menyusuri titik-titik Jalur Rempah Nusantara, di antaranya 13 titik yang dipilih pada tahun 2021 ini sebagai upaya menguatkan jatidiri bangsa, mengenal kearifan budaya setempat, dan merayakan ketersambungan budaya jalur rempah.

Dewaruci dibuat pada 1952 dan pertama kali diluncurkan pada 1953. Kapal kebanggaan Indonesia ini pernah singgah di 45 negara dan dua kali mengelilingi dunia. Pada 2021, KRI Dewaruci akan menjalankan misi pelayaran bertajuk Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah. (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan )