Anglerfish, Ikan Laut Dalam yang Menyeramkan, Muncul Ke Pantai

By Utomo Priyambodo, Senin, 24 Mei 2021 | 17:00 WIB
Ikan angler atau anglerfish. (Crystal Cove State Park )

Nationalgeographic.co.id—Seekor ikan berbentuk mengerikan baru-baru ini terdampar di pantai California, Amerika Serikat. Penemuan ikan yang dikenal sebagai anglerfish ini mengejutkan karena ikan ini biasanya tinggal ribuan kaki di bawah permukaan laut, jauh dari permukaan laut.

Anglerfish agak sulit dipahami dan jarang terlihat di luar laut dalam. Tetapi awal bulan ini, tubuh utuh ikan laut dalam ini terlihat di Crystal Cove State Park di Orange County, California, oleh pengunjung pantai dan nelayan bernama Ben Estes, menurut laporan The Guardian.

Bagaimana persisnya ikan itu sampai di sana masih menjadi misteri. "Untuk melihat anglerfish utuh sangat jarang, dan tidak diketahui bagaimana atau mengapa ikan itu sampai di pantai," tulis staf di Crystal Cove State Park dalam sebuah postingan di halaman Facebook mereka.

Makhluk aneh itu biasanya ditemukan di kedalaman laut sekitar 3.000 kaki atau 914 meter, kata postingan tersebut. Lebih dari 200 spesies anglerfish ditemukan di seluruh dunia, dan para pejabat Crystal Cove State Park menetapkan bahwa spesimen dalam kasus ini kemungkinan besar adalah spesies anglerfish yang disebut ikan pacific football atau nama ilmiahnya adalah Himantolophus groenlandicus.

Apa yang unik dari ikan ini? Kenapa disebut parasit seksual?