Sains Menghidupkan Kembali Nebiri, Mumi Mesir Kuno Berusia 3.500 Tahun

By National Geographic Indonesia, Kamis, 27 Mei 2021 | 10:00 WIB
Ilmuwan berhasil merekonstruksi wajah dan otak Nebiri, mumi tokoh elit Mesir kuno berusia 3.500 tahun melalui forensik modern. (Visual Forensic)

Nationalgeographic.co.id—Tim ilmuwan internasional sukses merekonstruksi wajah dan otak mumi Mesir kuno berusia 3.500 tahun dan mengungkap teknik mumifikasi unik yang diterapkan pada tokoh-tokoh elit pada era Mesir kuno.

Mumi tersebut merupakan Nebiri, seorang petinggi Mesir yang hidup pada masa pemerintahan Dinasti Thutmoses III (1479-1425 SM). Mumi Nebiri menjadi terkenal dua tahun yang lalu ketika dia didiagnosis menderita kasus gagal jantung kronis tertua.

Saat ditemukan oleh ahli Mesir kuno Ernesto Schiaparelli pada 1904 silam, mumi hanya terdiri dari kepala yang masih terawetkan dengan baik dan sebuah guci berisi organ-organ dalamnya. 

“Dia berusia antara 45-60 tahun saat meninggal,” ujar Raffaella Bianucci, bioantroprolog di  Legal Medicine Section di University of Turin. “Makamnya di Lembah Queens dijarah di zaman purbakala dan tubuhnya sengaja dihancurkan,” tambahnya.

Mumi Nebiri yang diduga sebagai penderita gagal jantung kronis pertama. (Fondazione Museo)