Lapisan Es Greenland Melepaskan Merkuri Berkadar Tinggi ke Sungai

By Utomo Priyambodo, Senin, 31 Mei 2021 | 11:00 WIB
Sebuah foto udara dari Greenland. (Marco Tedesco/Lamont-Doherty Earth Observatory)

Nationalgeographic.co.id—Laporan temuan sains terbaru, lapisan es di wilayah barat daya Greenland melepaskan merkuri dalam jumlah besar atau berkadar tinggi ke sungai-sungai terdekatnya. Penemuan ini mengkhawatirkan karena logam beracun tersebut dapat terakumulasi di hewan-hewan laut yang merupakan komponen makanan utama bagi masyarakat adat setempat.

Merkuri adalah logam alami yang ditemukan di beberapa batuan. Saat gletser perlahan mengalir menuruni bukit, mereka menggiling bebatuan di bawahnya. Proses pengikisan batuan oleh gletser ini berpotensi melepaskan merkuri ke dalam air lelehan mereka.

Untuk mengetahui apakah ini terjadi di Greenland, Jon Hawkings dari Florida State University dan rekan-rekannya menganalisis air lelehan yang mengalir dari tepi barat daya lapisan es Greenland.

Hawkings dan timnya menyelesaikan dua ekspedisi ke Greenland pada 2015 dan 2018. Mereka mengumpulkan sampel air dari tiga sungai lelehan air yang menerima sejumlah besar air dari lapisan es Greenland. Debit air dari lelehan gletser ke sungai-sungai tersebut adalah mencapai 800 meter kubik per detik.