Mirip Cokelat Harry Potter, Temuan Katak Spesies Baru di Papua Nugini

By Utomo Priyambodo, Kamis, 3 Juni 2021 | 13:16 WIB
Litoria mira, speies baru katak pohon yang ditemukan di Papua Nugini ini mirip cokelat kodok yang ada di film Harry Potter. (Steve Richards/South Australian Museum)

Nationalgeographic.co.idSpesies baru katak pohon baru saja ditemukan oleh para ilmuwan di Papua Nugini. Spesies baru ini tidak seperti katak pohon apa pun yang pernah terlihat sebelumnya.

Salah satu ciri unik dari spesies katak yang baru ditemukan ini adalah pigmen kulitnya. Jika katak pohon biasanya berwarna hijau, katak ini justru memiliki warna tubuh seperti cokelat yang menggemaskan. Science Times melaporkan, tubuh katak pohon ini mirip cokelat katak yang ada di film serial Harry Potter.

Paul Oliver, ahli filogenetik dari Griffith University yang menjadi salah satu penulis dalam laporan studi katak ini, mengatakan bahwa penemuan ini mengejutkan karena katak pohon hijau umum Australia telah dipelajari secara ekstensif selama bertahun-tahun. Namun kerabat katak pohon yang diabaikan ini ternyata kemudian ditemukan hidup di hutan hujan dataran rendah di Papua Nugini.