Arkeolog Menemukan Istana Megah Cleopatra, Ratu Mesir Yang Hilang

By Bella Jingga Ardilla, Rabu, 9 Juni 2021 | 20:30 WIB
Cleopatra, seorang ratu Mesir Kuno terakhir yang terkenal dengan kecantikannya. (Julien Pepy)

Nationalgeographic.co.id—Dahulu seorang perempuan diidentikan dengan mengurus rumah tangga dan memasak di dapur. Bahkan, perempuan hanya boleh mengurus anak tanpa bekerja. Anggapan bahwa perempuan tidak boleh bekerja, kini, banyak ditepis dengan adanya emansipasi wanita. Banyak tokoh perempuan Indonesia maupun dunia yang bekerja menjadi tulang punggung keluarga hingga terjun ke dunia politik.

Strong ladies merupakan istilah yang tepat untuk menggambarkan para perempuan yang kini mampu berkarya dan tegap berdiri sendiri. Dengan jaman yang semakin berkembang, banyak tokoh wanita yang menginspirasi, seperti Susi Pudjiastuti seorang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. Sri Mulyani seorang Menteri Keuangan Republik Indonesia. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia hingga Michelle Obama seorang istri yang selalu mendukung Barack Obama.

“Wanita ibarat lingkaran sempurna. Di dalam dirinya terdapat kekuatan untuk menciptakan, memelihara dan mengubah.” Inilah makna perempuan menurut Diane Mariechild, seorang penulis buku internasional.

Relief Cleopatra pada dinding kuil di Dendera, Mesir. Cleopatra VII bersama putranya, Caesarion sebagai Firaun. Cleopatra bermaksud agar putranya menggantikannya sebagai penguasa Kerajaan Ptolemeus. Namun, kekalahannya di tangan Oktavianus dalam Perang Terakhir Republik Romawi dan kematian Caesarion berikutnya mencegah hal ini. (George Steinmetz/ National Geographic)