Samudra di Dunia Kini Ada Lima: Mari Mengenal Samudra yang Terbaru

By Utomo Priyambodo, Rabu, 9 Juni 2021 | 09:19 WIB
Samudra Selatan sudah muncul di peta sebagai samudra baru. (Matthew W. Chwastyk and Greg Ugiansky, NG Staff with Sources by NASA/JPL and International Hydrogra)

Nationalgeographic.co.idSamudra di dunia kini tak lagi cuma empat, yakni Hindia, Pasifik, Atlantik, dan Arktik. Samudra di dunia sekarang berjumlah lima.

Pada peringatan Hari Laut Sedunia, 8 Juni 2021, National Geographic secara resmi memperkenalkan satu samudra yang terbaru. Tambahan samudra terbaru ini akan mempengaruhi gambar-gambar peta dunia yang akan dibuat National Geographic ke depannya.

Pada Hari Laut Sedunia, para kartografer Nat Geo mengatakan arus deras yang mengitari Antartika membuat perairan di sana tetap berbeda dan layak untuk punya nama sendiri. Para kartografer atau ahli pemetaan tersebut menamakan wilayah perairan tersebut sebagai Samudra Selatan (Southern Ocean).

Sejak mulai membuat peta pada tahun 1915, National Geographic telah mengenali empat samudra: Samudra Atlantik, Pasifik, Hindia, dan Arktik. Namun mulai tanggal 8 Juni 2021, tepat pada Hari Laut Sedunia, National Geographic secara resmi atau official telah mengakui Samudra Selatan sebagai samudra kelima di dunia.