Penyihir di Papua Nugini, Perburuan Mematikan yang Bertahan Hidup

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 25 Juni 2021 | 21:00 WIB
Perburuan penyihir di Papua Nugini masih terus terjadi hingga saat ini. (Ancient Origins/Trey Ratcliff)

 

Nationalgeographic.co.id—Papua Nugini adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana perburuan penyihir masih terjadi. Meskipun perburuan penyihir dinyatakan sebagai pelanggaran berat oleh pemerintah pada 2013, perburuan ini masih terus dilakukan.

Mengapa perburuan penyihir masih terjadi. Jawabannya, mungkin terkait dengan fakta bahwa di Papua Nugini, sihir dan makhluk spiritual gaib masih sangat kental.

Dataran tinggi Papua Nugini sangat terjal dan berbahaya. Beberapa bagian wilayah itu tidak dieksplorasi oleh orang Barat sampai akhir tahun 1930-an. Sebaliknya, masyarakat dataran rendah Papua Nugini telah berhubungan dengan dunia luar selama berabad-abad.

Banyak budaya di dataran tinggi Papua Nugini baru-baru ini diekspos pada penjelasan ilmiah modern tentang penyakit. Perlu diingat bahwa kita hidup di alam semesta mekanistik di mana segala hal, baik atau buruk, kadang-kadang terjadi hanya secara kebetulan, atau secara alami, bukan oleh tindakan yang disengaja seperti penyihir.

Fakta bahwa sebagian besar perburuan penyihir cenderung terjadi di dataran tinggi menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap penyihir masih kuat di wilayah itu.