Mengungkap Kisah di Balik Lukisan Modigliani Tentang Mantan Kekasihnya

By Fadhil Ramadhan, Kamis, 24 Juni 2021 | 21:00 WIB
Lukisan karya Amedeo Modigliani berjudul 'Wanita dengan Pita Beludru '. (Nicolas)

Nationalgeographic.co.id—Sebagian dari lukisan tersembunyi karya Amedeo Modigliani (1917) ditemukan dan direkonstruksi oleh dua ilmuwan. Dalam kasus "Potret Seorang Gadis" karya Modigliani, terdapat sebuah lukisan cat minyak bergambarkan seorang wanita. Rambutnya berwarna cokelat, wajahnya cemberut, sedang dalam posisi duduk. 

Studi sinar-X dari kanvas yang dilakukan oleh museum pada tahun 2018, mengungkapkan bahwa lukisan tersebut awalnya adalah lukisan bergambarkan wanita lain; seorang ramping berambut pirang. 

Sebagian dari lukisan tersembunyi tersebut—sekarang dipajang di Galeri Lebenson di London—ditemukan dan direkonstruksi oleh dua ilmuwan menggunakan kombinasi pencitraan stereoskopik, teknologi kecerdasan buatan, dan pencetakan 3D.

Ahli saraf Anthony Bourached, dan fisikawan George Cann, bergabung di London pada Januari 2019 untuk menemukan Oxia Palus, sebuah proyek ilmiah yang menggunakan mesin. Fungsi mesin tersebut yaitu untuk merekonstruksi, apa yang mereka sebutkan sebagai "NeoMasters", atau karya seni yang sebelumnya tersembunyi di balik lapisan lukisan tersebut. 

Amedeo Clemente Modigliani (12 Juli 1884 - 24 Januari 1920), sekitar 1912. Dia adalah seorang pelukis dan pematung Yahudi Italia yang bekerja di Prancis. Ia dikenal karena potret dan telanjang dalam gaya modern yang ditandai aspek surealis dari wajah, leher. (ARTSY)