Cantiknya Lebah 'Pelangi' Australia, Terbang Sampai Indonesia

By Utomo Priyambodo, Senin, 28 Juni 2021 | 20:30 WIB
Homalictus hadrander, salah satu spesies lebah (James Dorey, Flinders University)

Nationalgeographic.co.idAustralia memiliki banyak spesies khas yang menarik. Mulai dari mamalia besar berkantung sampai serangga-seranga kecil yang cantik. Salah satu kelompok serangga cantik yang hidup di Australia adalah lebah "pelangi" dari genus Homalictus.

Lebah-lebah yang memiliki tubuh berwarna-warni ini telah menjajah banyak wilayah Australia dan Pasifik Barat Daya. Lebah Homalictus yang menakjubkan ini berkilauan dengan bintik-bintik biru aqua, hijau keemasan, dan oranye, menurut Aussie Bee, sebuah situs web yang diselenggarakan oleh organisasi swasta bernama The Australian Native Bee Research Centre. Hewan-hewan kecil ini membawa serbuk sari dengan rambut-rambut halus di bawah perut mereka dan di kaki belakang mereka, menurut Aussie Bee.

Meskipun penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa lebah itu berasal dari Australia, para peneliti belum memeriksa sejarah evolusi hewan tersebut. Sekarang, sebuah studi baru menemukan bahwa memang hewan cantik yang mendengung itu berasal dari daerah tropis Australia dan kemudian menyebar ke daerah subtropis yang beriklim sedang dan gersang di negara itu dan kemudian meluas ke Pasifik.