John Dari Bohemia, Raja Yang Jadi Buta Karena Hukuman Tuhan

By Bella Jingga Ardilla, Minggu, 4 Juli 2021 | 09:00 WIB
Patung John dari Bohemia abad ke-14, Katedral St Vitus (Wikimedia)

 

Nationalgeographic.co.id—Seorang pemimpin menjadi sosok paling disegani dan dituruti oleh rakyatnya. Akan tetapi, bagaimana bila seorang pemimpin tersebut menjadi buta?

John dari Bohemia—adalah seorang raja yang hidup antara abad ke-13 dan 14. John lebih dikenal dengan "John dari Luxemburg" dan "John Si Buta".  Mendapatkan julukan sebagai "John dari Luxemburg" karena berasal dari dinasti Limburg-Luxembourg. Sementara dijuluki sebagai "John Si Buta" karena ia mengalami kebutaan selama sepuluh tahun terakhir hidupnya.

John merupakan salah satu tokoh heroik terkenal dengan kampanye militer di seluruh Eropa dari Toulouse hingga Prusia. Selain itu, dia dikenal dalam Pertempuran Crecy, salah satu pertempuran yang paling dahsyat dari Perang Seratus Tahun dimana raja kehilangan nyawanya.

John dari Bohemia lahir pada 10 Agustus 1296 di Luxembourg. Ayahnya adalah Henry VII, Pangeran Luxembourg dan sang ibu merupakan bangsawan bernama Margaret of Brabant. John berasal dari dinasti Limburg-Luxembourg, yang didirikan oleh Henry IV, kakek buyutnya pada 1240.