Seabad Sebelum Elon Musk, Ada Nama Fritz von Opel dan Valier

By Fikri Muhammad, Kamis, 1 Juli 2021 | 14:32 WIB
Fritz von Opel merayakan dengan memacu mobil roket RAK-2-nya di Berlin pada 23 Mei 1928. Gambar hitam-putih yang diwarnai. (Opel Mobil GmbH)

Nationalgeographic.co.id—Ini mungkin terndengar akrab, salah satu orang terkaya di dunia, juga tokoh karismatik, memulai bisnis mobil dan roketnya sendiri yang didanai secara pribadi dengan tujuan untuk merevolusi kedua bidang tersebut.

Jika kita mengenal Elon Musk, maka ada Fritz von Opel yang mendahuluinya. Ia bekerja di tahun 1920-an dan mewarisi kekayaan orang tuanya. Opel meninggal 50 tahun lalu pada bulan ini pada 1899. Ia adalah anak putra Wilhelm von Opel. Manufaktur mobilnya membuatnya dikenal sebagai "Henry Ford-nya Jerman".

Setelah lulus dari Universitas Teknik Darmstadt dengan gelar bidang teknik, Fritz diangkat menjadi direktur pengujian untuk pekerjaan mobil Opel dan bertanggung jawab atas publisitas. Hal yang mencolok adalah kepribadiannya yang flamboyan, karena ia sudah terkenal di Jerman sebagai olahragawan dan pemenang balap speedboat, sepeda motor, dan mobil.

Pada musim gugur 1927, Valier melirik Fritz von Opel dan pada 8 Desember, sebuah kontrak ditandatangani antara Valier dan von Opel untuk fase kemitraan dalam usaha menuju penerbangan roket manusia. (DRIVEMAGZ)