Ahli Biologi Singkap Dua Spesies Jamur Ini Membuat Lalat Jadi Zombie

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 4 Juli 2021 | 16:00 WIB
Spesies jamur Strongwellsea tigrinae dan Strongwellsea acerosa ubah lalat jadi zombie, bisa terbang meski perut berlubang. (NATIONAL GEOGRAPHIC )

Nationalgeographic.co.id—Peneliti menemukan dua spesies jamur baru yang memiliki cara hidup  yang mengerikan. Pasalnya, mereka memakan lalat hidup-hidup, namun tidak benar-benar membunuh lalat tersebut.  Yang dilakukan jamur ini ialah mengubahnya menjadi zombie.

Ya, jamur tersebut bernama Strongwellsea tigrinae dan Strongwellsea acerosa. Spesies ini menyerang spesies lalat Coenosia tigrina dan Coenosia testacea yang berasal dari Denmark.

Sekilas, spesies ini juga  memiliki ciri seperti lalat rumah biasa namun bedanya ketika diserang oleh jamur, lalat ini mengalami perubahan yang mengerikan.

Jamur memakan satu atau lebih lubang di perut lalat dan kemudian menghasilkan gumpalan spora oranye, yang menyebar lewat inang.

Dikutip dari Live Science, lalat zombie yang terinfeksi tetap hidup selama berhari-hari dan bisa beraktivitas seperti biasa meski terdapat lubang-lubang di perutnya. Namun perlahan, parasit tersebut menggerogoti inang si lalat hingga akhirnya mati.