Villa Papyri, Satu-satunya Perpustakaan yang Dipulihkan di Zaman Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 3 Juli 2021 | 17:00 WIB
Villa Papirus yang telah lama terkubur dibuka untuk umum hampir 2000 tahun setelah terendam lumpur vulkanik di Herculaneum (Eric Vandeville/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Villa Papyri yang terletak di Herculaneum, Italia merupakan satu-satunya perpustakaan kuno yang koleksinya masih bertahan. Seperti diketahui, perpustakaan ini selamat dari letusan Gunung Vesuvius di tahun 79 Masehi. Karena bencana alam ini lah, kota Herculaneum termasuk Villa Papyri ikut terkubur di dalam abu vulkanik yang membuatnya diawetkan dengan sempurna.

Villa ini terletak di bagian barat laut Herculaneum, di lereng gunung berapi yang menghadap ke Teluk Napoli. Dibangun di teras bawah ke laut, villa ini memiliki area seluas 2.787 meter persegi. Bagian depan villa membentang lebih dari 250 meter dan menawarkan pemandangan teluk yang tak terhalangi. Vila ini memiliki dua peristyle, kolam renang, taman, ruang tamu, dan ruang penerima tamu.

Para peneliti percaya pemilik dari rumah yang mendirikan perpustakaan tersebut bernama Lucius Calpurnius Piso Caesoninus, ayah mertua Julius Caesar. Perpustakaan Papyri memiliki banyak karya dari Philodemus of Gadara, seorang  Ahli Filsafat dan juga penyair. Ada sekitar seribu karyanya yang ditemukan di Perpustakaan Papyri.