Faskes Indonesia Kolaps, Sebulan Ini 265 Pasien Isoman COVID-19 Wafat

By Utomo Priyambodo, Minggu, 4 Juli 2021 | 10:28 WIB
Tubuh korban terduga Covid-19 berada di sebuah rumah sakit di Indonesia. Setelah pasien meninggal dunia, perawat membungkus tubuh itu dengan plastik. Selain itu para perawat menggunakan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus (Joshua Irwandi/National Geographic)

 

Nationalgeographic.co.id—Wawan Setiawan, atau yang biasa disapa Kang Awang, meninggal dunia pada Jumat, 2 Juli 2021, bakda magrib. Kang Awang adalah salah satu pasien isolasi mandiri (isoman) COVID-19 di Bandung, Jawa Barat.

Kang Awang wafat tanpa sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit. Hingga kondisinya kristis pada sore di hari yang sama, ia tak kunjung bisa mendapatkan rumah sakit karena penuhnya rumah sakit di Kota Kembang.

Ketika sehat, ia sehari-hari bekerja sebagai marbut di Masjid Salman ITB. Dari perkerjaan itulah ia menafkahi keluarganya. Marbut senior Masjid Salman ITB itu wafat dengan meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak yang masing-masing masih berusia 9 tahun, 5 tahun, dan 1 tahun.

Said Fariz Hibban, data analyst di LaporCovid-19, mengatakan bahwa Kang Awan adalah satu dari 265 pasien isoman COVID-19 di Indonesia yang meninggal dalam sebulan terakhir. Berdasarkan data yang didapat oleh LaporCovid-19, angka ini mencerminkan bahwa fasilitas kesehatan (faskes) di beberapa daerah di Indonesia telah kolaps karena tidak mampu menampung banyaknya pasien COVID-19.