Selain Kita, Bagaimana dengan Keberadaan Hobbit dan Raksasa?

By Bella Jingga Ardilla, Sabtu, 10 Juli 2021 | 13:00 WIB
Daud berhasil mengalahkan dan memenggal kepala Goliat yang sombong (Church Of Jesus Christ)

 

Nationalgeographic.co.id—Alkitab Perjanjian Lama mengekalkan kisah Daud, seorang pemuda mungil melawan raksasa bernama Goliat.

Pada saat itu, Raja Saul dan orang-orang Israel bertempur melawan orang Filistin. Goliat merupakan seorang Filistin raksasa. Dia besar dan kuat sehingga orang Israel takut kepadanya. Goliath berseru kepada orang Israel pagi dan mala selama empat puluh hari, namun, tidak ada yang berani melawannya.

Daud melihat kesombongan Goliat ketika mengirimkan makanan kepada kakak-kakaknya. Daud tidak tinggal diam dan akan melawan Goliat. Daud tahu bahwa Allah akan menolongnya. Ia mengambil lima buah batu dan memasangkannya pada umban. Daud mengayunkan batu tersebut dan mengenai kepala Goliat. Karena bertarung membawa kebenaran, Goliat pun roboh ke tanah, lalu Daud mengambil pedang dan memenggal kepalanya.

Meskipun banyak yang menganggap kisah tersebut merupakan keberagaman cerita legenda, tetapi temuan terbaru yaitu prasasti Filistin tertua menunjukkan bahwa Goliat memang benar-benar ada. Artefak berbentuk pecahan tanah liat kecil ditemukan di Israel pada 2005 oleh para arkeolog Tell es-Safi University.