Hewan Juga Suka Mengoceh. Binatang Apa yang Paling Cerewet di Bumi?

By Utomo Priyambodo, Senin, 5 Juli 2021 | 19:30 WIB
Lumba-lumba. (Zika Zakiya)

Nationalgeographic.co.id—Kalau Anda pernah merasa heran melihat beberapa orang suka sekali ngoceh, sebagian hewan tampaknya juga demikian terhadap sesamanya. Sebab, tak hanya manusia, beberapa binatang juga suka ngoceh.

Bagi manusia, bicara atau komunikasi adalah landasan hubungan kita dan bagian dari bagaimana kita bisa berfungsi dalam kehidupan kita sehari-hari. Begitu pula hewan, mereka mengeluarkan suara untuk mengeluarkan peringatan, menarik pasangan, memberi sinyal bahaya, menemukan satu sama lain, dan mempertahankan wilayah mereka. Sama seperti kita, pita suara mereka memenuhi banyak sekali tujuan yang meletakkan dasar sosial mereka dan memastikan kelangsungan hidup mereka.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, dari semua hewan yang ada di Bumi, binatang apa yang paling cerewet atau suka bersuara?

Dalam kriteria untuk manusia, kita dapat mengukur "kecerewetan" dalam dua cara: jumlah waktu yang dihabiskan untuk menyuarakan, dan keragaman apa yang dikomunikasikan oleh suara-suara itu. Bagaimana ini berlaku untuk spesies yang bukan manusia? Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa tren umum pada spesies yang banyak bersuara, dan tren umum pada spesies yang lebih menyukai kehidupan yang lebih tenang.