Perburuan Lubang Cacing, Bagaimana Ilmuwan Cari Terowongan Ruang-Waktu

By Fikri Muhammad, Rabu, 14 Juli 2021 | 12:00 WIB
()

Nationalgeographic.co.id—Lubang cacing, jalan pintas dalam ruang dan waktu, telah lama jadi pokok fiksi ilmiah. Tetapi beberapa ilmuwan percaya bahwa kita mungkin dapat segera membuktikan bahwa mereka adalah bagian nyata dari alam semesta. Istilah ilmiah untuk objek eksotis ini adalah jembatan Einstein-Rosen, di mana itu berasal.

Lubang cacing berakar pada teori relativitas umum Albert Einstein, sebuah mahakarya yang inovatif yang mengubah gagasan kita tentang gravitasi di atas kepala kita.

Selama berabad-abad mungkin kita sudah tahu bagaimana gravitasi bekerja. Apel jatuh ke tanah dan Bumi tetap berada di orbit mengelilingi matahari karena tarika gravitasi di antara benda-benda tersebut. Terima kasih kepada Isaac Newton.

Namun Einstein melihatnya secara berbeda, menunjukkan bahwa apa yang kita alami sebagai gravitasi hanyalah pembekokan ruang dan waktu. Bumi mengorbit matahari karena massa bintang kita mengengkokkan ruang di sekitarnya, seperti bola bowling yang akan membengkokkan seprai jika ditempatkan di tengahnya.