Studi: Laba-laba Pelompat Punya Kemampuan Kognitif Seperti Vertebrata

By Utomo Priyambodo, Senin, 19 Juli 2021 | 21:30 WIB
Laba-laba pelompat bermata indah tampaknya mampu melakukan sesuatu yang sebelumnya hanya pernah kita lihat pada hewan bertulang belakang. (Aracnofilia)

Nationalgeographic.co.idLaba-laba pelompat kecil, dengan matanya yang indah, tampaknya mampu melakukan sesuatu yang sebelumnya hanya pernah kita lihat pada vertebrata atau hewan bertulang belakang. Hewan kecil ini memiliki kemampuan untuk membedakan antara benda hidup dan benda mati.

Dalam sebuah tes baru, laba-laba pelompat liar (Menemerus semilimbatus) berperilaku berbeda ketika dihadapkan dengan objek-objek simulasi dari benda hidup dan benda mati. Perilaku tersebut menunjukkan kemampuan hewan tersebut dalam membedakan di objek-objek tersebut.

Penelitian ini tidak hanya menunjukkan bahwa kemampuan ini dapat ditemukan lebih luas di dunia hewan daripada yang kita ketahui. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaturan eksperimental dapat digunakan untuk menguji invertebrata atau hewan tak bertulang belakang lainnya dengan cara yang sama.

"Hasil ini dengan jelas menunjukkan kemampuan laba-laba pelompat untuk membedakan tanda-tanda gerakan biologis," tulis para peneliti dalam makalah laporan peneliti mereka yang terbit di jurnal PLOS Biology pada 15 Juli 2021.