Bagaimana 'Space Jam' Jadi Pergeseran Karir Jordan yang Berhasil

By Fikri Muhammad, Kamis, 22 Juli 2021 | 16:00 WIB
Besarnya daya tarik crossover dan pengaruhnya, mungkin paling menonjol pada keberhasilan Space Jam tahun 1996, film animasi live-action hybrid yang menggabungkan bola basket dengan karakter kartun klasik Bugs Bunny. (Warner Bros) ()

Nationalgeographic.co.id—Michael Jordan berdiri sebagai salah satu pemain bola basket terhebat dalam sejarah NBA, tapi mantan megabintang Chicago Bulls itu juga melampaui dunia olahraga sebagai trendsetter budaya.

Dunia mengenang gaya Jordan yang jenaka: menjulurkan lidahnya saat melayang ke arah keranjang. Gaya itu pun menjadi salah satu merek dagang pertamanya. Dia juga dikenal sebagai pemain yang memulai tren celana pendek longgar dalam basket. Intinya, karakter dan gayanya setara dengan keontentikan dan keunikan dalam keterampilan bola basketnya.

Memanfaatkan bakat, penampilan, karisma, dan kecerdasan bisnisnya, Jordan menghiasi ratusan sampul majalah dan mendapatkan banyak dukungan produk berprofit tinggi dengan meluncurkan merek sepatu dan pakaian atletiknya yang sukses. 

Dia dianggap sebagai pemain NBA terhebat sepanjang masa. Jordan memenangkan enam gelar bersama Chicago Bulls. Gaji selama karirnya mencapai $90 juta, tetapi ia telah memperoleh $1,8 miliar dari mitra sederet perusahaan yang menggunakan personifikasinya dalam produk-produk mereka.

Besarnya daya tarik dan pengaruhnya, mungkin paling menonjol pada keberhasilan Space Jam tahun 1996, film animasi live-action hybrid yang menggabungkan bola basket dengan karakter kartun klasik Bugs Bunny.

Jordan tidak harus menyimpang jauh dari dirinya untuk peran itu, penampilannya justru membantu film menjadi hit box office. Dia juga membuka jalan bagi atlet untuk meraih kesuksesan di luar jalur yang ditentukan menurut Biography.