Nazca Line, Garis Raksasa di Peru Yang Diyakini Pesan untuk Alien

By Ricky Jenihansen, Minggu, 25 Juli 2021 | 16:00 WIB
Geoglif yang tampak menggambarkan manusia dan hewan. Setidaknya terdapat 143 geoglif di situs arkeologi Nazca, Peru. (Yamagata University)

Nationalgeographic.co.id—Garis-garis raksasa ini ditemukan pertama kali pada tahun 1920-an. Jika dilihat dari daratan sepertinya biasa-biasa saja, namun sangat mencengangkan jika dilihat dari ketinggian. Garis-garis itu ditemukan di wilayah Peru lebih dari 200 mil tenggara Lima, dekat kota modern Nazca.

Ada lebih dari 800 garis lurus, 300 figur geometris, dan 70 desain hewan dan tumbuhan, yang juga disebut biomorf, karya yang berbentuk makhluk hidup. Beberapa garis lurus membentang hingga 30 mil, sedangkan biomorf panjangnya berkisar antara 50 hingga 1.200 kaki, sama panjangnya dengan Empire State Building.

Garis-garis yang diketahui berjumlah ratusan itu kemudian dikenal dengan nama Garis Nazca Peru. Inilah geoglif, motif kuno raksasa yang paling terkenal di dunia sekaligus paling misterius. Sebutan geoglif di Peru itu diambil dari peradaban kuno di daerah tersebut, seperti dilansir Live Science.

Komposisi Nazca Line yang diterakan kembali. Pada awal abad ke-20, sebuah pesawat terbang di atas gurun Peru melihat batu dan pasir monoton yang pucat dan buram. Tapi tiba-tiba lanskap memunculkan bentuk aneh yang dipenuhi dengan garis dan pola. Penemuan ini menjadikan Nazca salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Peru. (Machu Travel Peru)