Mengapa 'Kerang Disko' Bisa Menampilkan Pertunjukan Cahaya Cemerlang?

By Fikri Muhammad, Senin, 26 Juli 2021 | 20:30 WIB
Moluska berwarna merah nan flamboyan ini dapat memperingatkan pemangsa atau memikat mangsa, menurut penelitian. (Wikimedia Commons)

 

Nationalgeographic.co.id—Yang disebut "kerang disko" adalah salah satu moluska yang menarik pehatian. Ia terletak di terumbu karang di lepas pantai Indonesia, hewan ini menghasilkan kilatan cahaya cemerlang yang membuatnya mendapatkan namanya yang meriah. 

Meskipun menarik, bivalvia flamboyan (Ctenoides ales) ini masih kurang dipahami. Lindsey Dougherty, peneliti kerang dari University of California, menjelaskan cara kerja kedipan kerang ini. Cara kerjanya, dengan memantulkan cahaya melalui potongan-potongan kecil silika di dekat tepi cangkangnya dan bukan melalui bioluminesensi seperti spesies lain. 

Alasan kerang ini menampilkan pertunjukan cahaya laut mereka ialah untuk memperingatkan pemangsa sekaligus memikat mangsanya.

"Kebanyakan hewan tidak melakukan sesuatu yang penuh energi kecuali ada [hasil]," kata Doughterty di laman National Geographic

Misalnya, "pameran cahaya sering digunakan untuk mencoba menarik pasangan atau untuk menarik mangsa, dan beberapa tampilan juga untuk mempertahankan diri, seperti gurita cincin biru." katanya.