Katar: Senjata dari India, Mengoyak Musuh dan Memberi Luka Mengerikan

By Fikri Muhammad, Rabu, 4 Agustus 2021 | 10:00 WIB
Saat katar menusuk, ia dapat membuka luka yang lebar dan membuat luka yang mengerikan. Katar tampil dalam budaya pop seperti gim Ragnarok Online. (METMUSEUM)

 

Nationalgeographic.co.id—Persenjataan India memiliki variasi selama berabad-abad karena pengaruh berbagai tentara penyerbu dan rute perdagangan. Mulai dari prajurit yang berjalan kaki lalu berkembang menjadi kavaleri, menggunakan gajah dan unta, pelindung pertahanan, hingga katar. Yang terakhir amat unik, sebuah gaya belati dengan gagang beberntuk 'H' yang mendefinisikannya sebagai sebuah katar atau jamadhar.

Meski bentuknya tampak aneh, itu adalah senjata yang sangat umum di India. Sebagian besar katar dibuat untuk menusuk dan menebas lawan. Juga untukmenusuk surat, kata ahli bedah Mayor Th. H. Hendley yang melakukan pelayanan di India dan menulis Memorials of the Jaypore Exhibition.

Saat katar menusuk, senjata ini dapat membuat luka yang menganga lebar dan berbahaya, saat dicabut dari tubuh lawan. Beberapa katar dibuat untuk membuka seperti pisau gunting. Pengaturan itu dirancang untuk membuat luka yang mengerikan. Senjata ini dirancang untuk memberikan perlawanan ketika perkelahian manusia dengan harimau atau hewan buas lainnya. Oleh karena itu senjata ini dirancang untuk memberikan efek yang mematikan. 

Arca yang menampilkan adegan penggunaan Katar di India. Foto dari The Chejarla Temple Myth revisited, yang dutulis oleh Lidia Sudyka. (LIDIA SUDYKA)