Ragam Bentuk Meditasi dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Jiwa dan Raga

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 30 Agustus 2021 | 14:00 WIB
Meditasi dapat bermanfaat bagi kesehatan pikiran dan tubuh kita. Apa saja ragam bentuk meditasi yang bisa diaplikasikan? (agsandrew/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Apakah Anda sedang mengalami serangan panik, depresi, takut akan suatu hal yang membuat gelisah dan sulit untuk tidur?

Ambillah posisi senyaman mungkin, kemudian cobalah pejamkan mata Anda lalu mulai mengambil dan menghembuskan napas perlahan-lahan. Fokus. Lalu, gunakan teknik ini selama terus menerus, bila isi kepala begitu banyak dan membebani, hingga akhirnya dapat membuat Anda lebih tentram.

Proses tersebut adalah mindfulness, yaitu salah satu jenis meditasi seseorang untuk fokus pada keadaan sekitar Anda, dan merasakan emosi untuk diterima secara lapang. Saran penggunaan teknik banyak dianjurkan bagi beberapa orang yang pernah berkonsultasi ke psikolog.

Artikel penelitian berjudul Mindfulness Meditation-Based Pain Relief Employs Different Neural Mechanisms Than Placebo and Sham Mindfulness Meditation-Induced Analgesia di Journal of Neuroscience, November 2015, menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat menghilangkan rasa sakit. Dampaknya lebih besar daripada plasebo.