Layaknya Film 'Jackass', Kenapa Lelaki Sering Bertingkah Gila-Gilaan?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 9 Agustus 2021 | 15:00 WIB
Lewat film Jackass, para pemain yang didominasi laki-laki ini bertingkah gila-gilaan dan berisiko. Apa penyebabnya? (Dickhouse Production)

Nationalgeographic.co.id - Oktober 2021, dijadwalkan penayangan perdana sekuel terbaru Jackass yang diproduksi Dickhouse Productions dan distribusikan MTV. Seperti sekuel sebelumnya, tontonan ini berisi sekelompok laki-laki yang melakukan aksi 'gila' seperti menyiksa diri sendiri.

Jackass yang kemudian ditayangkan pertama kali sejak 2000, telah mengundang banyak kontroversi. Sebab dianggap menjadi sumber utama kematian dan cedera pada remaja dan anak-anak. Mereka lewat tayangan awalnya, sebenarnya sudah menampilkan peringatan bahwa aksi di dalamnya sangat berbahaya dan tidak boleh ditiru.

Tapi bukan barang rahasia bila banyak laki-laki kerap bertindak 'gila'—terlepas apakah dampak dari tayangan Jackass atau bukan. Anda bisa menyaksikannya di sekitar atau mungkin Anda salah satu yang melakukannya.

Bahkan, kebiasaan gila-gilaan laki-laki menjadi tajuk komedi di media sosial yang didokumentasikan seperti Why Women Live Longer di Facebook. Tak hanya kalangan awam, para ilmuwan juga membahas, dan mencari tahu alasan: Mengapa banyak laki-laki suka melakukan hal 'gila'?