NASA Melakukan Pencarian Tanda-tanda Kehidupan Purba di Planet Mars

By Fadhil Ramadhan, Rabu, 11 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Batuan berlapis merata di Mars menunjukkan pola khas endapan sedimen dasar danau. Lokasinya tidak jauh dari hulu danau. (NASA/JPL-Caltech/MSSS)

Nationalgeographic.co.id—Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar bahwa Mars merupakan planet yang layak dihuni. Gagasan tersebut tentu menuai pro dan kontra. Sebuah makalah baru mengungkapkan adanya tanda-tanda kehidupan purba di Mars. Makalah tersebut berisi informasi tentang di mana catatan batuan Mars di masa sebelumnya.

Saat ini, Mars adalah planet yang sangat dingin, kering, dan memiliki radiasi tinggi. Namun, pada miliaran tahun yang lalu Mars adalah rumah bagi sistem danau yang dapat menopang kehidupan mikroba.

Saat iklim planet berubah, satu danau di Kawah Gale Mars perlahan mengering. Melansir dari laman resmi NASA, para ilmuwan memiliki bukti baru bahwa air asin pada masa itu merembes melalui celah-celah di antara butiran tanah, di dasar danau yang kering. Air tersebut mengubah lapisan tanah liat yang kaya akan mineral di bawahnya, menjadi kering seperti sekarang ini.