Kisah Sedih Laika si Anjing Luar Angkasa dan Perjalanannya ke Orbit

By Utomo Priyambodo, Selasa, 10 Agustus 2021 | 16:00 WIB
Laika di dalam Sputnik 2. (Difa Restiasari)

Nationalgeographic.co.id—Untuk menghormati Laika si anjing luar angkasa, Rusia membangun patung Laika di Moskow dan NASA memberi nama salah satu kawah di Mars sebagai Laika. Nama Laika juga muncul dalam berbagai situs web, film, lagu, puisi, hingga buku.

Bagaimana banyak orang bisa memberi penghormatan yang begitu besar pada seekor anjing? Kisah Laika si angjing luar angkasa itu bermula pada tahun 1957.

Dengan jantung berdebar-debar dan napas cepat, Laika mengendarai roket ke orbit Bumi, 2.000 mil di atas jalan-jalan Moskow yang dikenalnya. Dengan kondisi yang kepanasan, sesak, ketakutan, dan mungkin juga lapar, Laika memberikan hidupnya untuk negaranya, tanpa sadar sedang menjalankan misi bunuh diri anjing pada 3 Nobember 1957.

Yang menyedihkan dari kisahnya ini, anjing campuran husky-spitz itu menjadi bagian dari sejarah sebagai makhluk hidup pertama yang mengorbit Bumi. Laika adalah seekor anjing Rusia yang menjadi binatang pertama yang mengorbit Bumi serta makhluk hidup pertama yang tewas pada saat mengorbit Bumi.