Badai Debu Memainkan Peran Penting Dalam Mengeringkan Planet Merah

By Wawan Setiawan, Kamis, 26 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Badai debu telah memainkan peran penting yang mendukung terjadinya proses menghilangnya air di Mars. (Mark Garlick/ Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Planet Merah adalah satu-satunya planet terdekat dengan Bumi yang paling menjadi pusat perhatian dari para ilmuwan. Disatu teori mengatakan bahwa planet Mars pernah memiliki suatu kondisi yang mirip seperti Bumi. Hanya saja, pertanyaannya adalah jika memang Mars pernah memiliki air, maka kemanakah semua air tersebut menghilang?

Pertanyaan itu telah lama menjadi salah satu teka-teki. Seperti yang diketahui bahwa atmosfer yang dimiliki oleh Mars jauh lebih tipis dari atmosfer Bumi. Namun, meskipun begitu, kondisi tersebut tetap saja menimbulkan adanya angin di Mars. Angin yang bertiup tersebut akan mengambil partikel debu kering yang halus dan terjadilah apa yang disebut sebagai ‘badai debu Mars’.

Para ilmuwan yakin, Mars di masa lalu kondisinya hangat dan basah seperti di Bumi, lalu ia kehilangan sebagian besar airnya ke luar angkasa. Mengenai bagaimana hal itu bisa terjadi, hingga saat ini masih belum mendapatkan jawabannya.