Shatili, Desa Bersejarah Dengan Mahakarya Arsitektur Indah

By Galih Pranata, Senin, 30 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Potret keindahan Shatili, desa bersejarah di dataran tinggi Georgia. (Mycaucasus)

Nationalgeographic.co.id—Desa Shatili merupakan pedesaan bersejarah yang terletak di dataran tinggi di Georgia, dekat dengan perbatasan dengan Chechnya (Republik Konstituen Chechnya). Desa ini berada dataran tinggi karena letaknya di Pegunungan Kaukasus, yang masyarakatnya hidup diketinggian 1.400 mdpl, sehingga tinggal dalam iklim yang dingin.

Shatili adalah salah satu mahakarya arsitektur Georgia yang paling mulia yang terletak di wilayah Khevsureti. Selama berabad-abad, ia berfungsi sebagai benteng dan tempat tinggal yangtersebar di lereng bukit berbatu. Shatili dikenal dengan dataran tinggi dan bangunan sucinya. Maklum, masyarakat Shatili sangat religius, dibuktikan dengan peninggalan dan hasil penelitian yang menyebut tentang kepercayaan-kepercayaan yang dianut masyarakatnya.

Arkeolog mengemukakan bangunan di Shatili mencakup berbagai tempat seperti rumah tinggal, stasiun kuno, sekolah, klinik rawat jalan (yang terletak di gedung administrasi), toko, helipad, jalan, jalan setapak, jembatan, dan public space, tempat berkumpul sehari-hari. Sayangnya, beberapa bangunan tersebut telah hancur.