Tujuh Fakta Terungkap dari X-37B, Pesawat Antariksa Rahasia Milik AS

By Utomo Priyambodo, Rabu, 1 September 2021 | 08:00 WIB
Pesawat luar angkasa rahasia X-37B milik Amerika Serikat. (U.S. Air Force)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu pesawat antariksa paling menarik di dunia adalah pesawat mata-mata X-37B milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pesawat ini menerbangkan misi rahasia reguler yang tujuannya tidak sepenuhnya diketahui.

Namun selama bertahun-tahun, informasi tentang pesawat tersebut, yang juga dikenal sebagai Orbital Test Vehicle (OTV), telah terungkap. Ada beberapa fakta mengenai pesawat antariksa rahasia tersebut yang kini telah terungkut. Berikut adalah tujuh fakta di antaranya, sebagaimana dikutip dari Live Science.

1. Spesifikasi dasar pesawat

X-37B adalah jenis pesawat yang dapat digunakan kembali (reusable). Pesawat ini menyerupai versi yang lebih kecil dari salah satu pesawat ulang-alik milik NASA yang sekarang sudah pensiun.

Pesawat X-37B ini awalnya dibangun oleh NASA pada tahun 1999, seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Space.com. Panjangnya sekitar 29 kaki atau 8,8 meter dan tingginya 9,5 kaki atau 2,9 meter, dengan lebar sayap sedikit kurang dari 15 kaki atau 4,6 meter. Berat pesawat ini adalah 11.000 pon atau 4.990 kilogram saat di landasan peluncuran.

Seperti pesawat luar angkasa pada umumnya, X-37B lepas landas secara vertikal dan didorong oleh roket. Setelah di orbit, ia dapat bermanuver sendiri, dan akhirnya mendarat di landasan pacu kembali ke Bumi, seperti pesawat konvensional.

Kendaraan ini memiliki area muatan yang kecil, kira-kira seukuran bak truk pikap, yang memungkinkannya membawa peralatan dan satelit. Pesawat ini mampu beroperasi pada ketinggian antara 150 dan 500 mil atau 240 hingga 805 kilometer di atas Bumi, menurut pabrikannya, Boeing.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Pesawat Luar Angkasa Tiongkok Tianwen-1 Memotret Mars