Temuan Peranti Zaman Perunggu, Diduga Jejak Ritual Pemuja Matahari

By Maria Gabrielle, Kamis, 2 September 2021 | 15:00 WIB
Tumpukan artefak dari perunggu yang ditemukan di Gannat, Allier, Perancis. (F. Bordas, TRACES-University of Toulouse Jean Jaurès Laboratory)

Nationalgeographic.co.id—Peninggalan dari Zaman Perunggu ditemukan oleh para arkeolog di Gannat, Allier, Perancis. Dari lokasi penggalian sekitar 80 mil barat laut Lyon, didapati beragam barang kuno, mulai dari senjata perunggu, pernak-pernik, serta pecahan tembikar dan suku cadang kereta kuda.

Seperti dilansir dari Express, para arkeolog di Universitas Toulouse-Jean Jaures menduga mereka menemukan situs ibu kota Celtic yang hilang. Dugaan ini berdasarkan banyaknya harta karun yang ditemukan dan besarnya lokasi situs.

Artefak ini diperkirakan berasal dari Zaman Perunggu Perancis, sekitar tahun 800 SM atau akhir dari budaya Urnfield. Penggalian kali ini mengungkap adanya pemukiman besar dan memiliki benteng dengan total luas 30 hektar. Benteng terdiri dari dua baris dinding batu setinggi 20 kaki.

Tim juga mendapati bukti perdagangan jarak jauh berupa dua bilah kapak yang diidentifikasai dibuat di barat daya Inggris, manik-manik kaca dari Italia, dan manik-manik amber dari Baltik. (Jean Jaurès Laboratory/University of Toulouse)