Soeharto Muda dan Sekitarnya yang Memengaruhi Masa Pemerintahannya

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 9 September 2021 | 20:00 WIB
Soeharto saat masih menjadi petinggi TNI Angkatan Darat. Pada 1967, ia mulai menjabat presiden dan mengadopsi pemahaman yang dipelajarinya sewaktu muda. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id—Apa yang telah dicapai seseorang, tentu tidak terlepas dari usaha dan pengaruh di masa lalu. Begitu pula Soeharto yang pernah menjadi presiden ke-2 Indonesia yang menjabat lebih dari tiga dekade lamanya.

Jurnalis Australia, David Jenkins menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi perjalanan hidup Soeharto, seperti sosial budaya, politik, agama, ekonomi, dan militer yang kompleks semasa mudanya.

"Nilai-nilai ini yang sangat berpengaruh pada masa mudanya. Terutama dia berasal dari keluarga yang kental dengan kebudayaan Jawa dan Islam," ujar Jenkins dalam webinar peluncuran bukunya, Young Soeharto: the making of a soldier (1921-1945), yang digelar oleh Australian National University Indonesia Project.

Penelusuran yang Jenkins lakukan adalah mencari tahu orang-orang yang pernah dekat dengan Soeharto, baik di awal 32 tahun masa menjabat presiden atau 44 tahun sebelumnya. Masa awal itu membuka tabir apa saja yang membuat karakternya, hingga masuk dunia kemiliteran.